Selasa, 15 November 2016

YUK KENALI GEJALA KELINCI SAKIT DARI FESESNYA



Selamat siang Rabbitlovers sudahkah kalian mengecek kondisi feses kelinci kesayangan kalian?. Rabbitlovers, ternyata kita dapat mengetahui gejala penyakit pada kelinci kesayangan kita melalui fesesnya. Yup, sering-seringlah untuk memperhatikan kondisi kelinci kesayangan kita, termasuk mengecek feses kelinci untuk mengetahui apakah kelinci kita dalam keadaan sehat wal afiat atau malah sebaliknya. Nah , berikut uraian ciri-ciri kelinci sakit dari fesesnya.



1. Feses Bulat Kering dan Tidak Berbau Rabbitlovers, feses kelinci dengan ciri tersebut tergolong sehat. Beruntunglah jika feses kelinci kesayangan kalian berbentuk seperti ini berbentuk bulat, kering, tidak berbau biasanya berwarna coklat kehitaman hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi kaya akan kandungan serat. Urin yang dikeluarkanpun tidak berbau.




 2. Feses Bulat, Lembek Bergerombol Seperti Buah Anggur Pernahkah Rabbitlovers melihat feses yang berbentuk seperti ini? Kalian tidak perlu khawatir karena feses dengan bentuk seperti ini juga tergolong sehat. Biasanya bentuk feses yang seperti ini dinamakan cecotrope.




 3. Feses Cair, Berwarna Hijau/Kehitaman dan berbau. Apabila feses kelinci kalian memiliki bentuk seperti ini biasanya kelinci kalian dalam kondisi yang tidak sehat yaitu terkena diare atau mencret. Penyebabnya adalah asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi kelinci terkontaminasi oleh bakteri sehingga feses yang dikeluarkan berbentuk cair dan berbau. Kelinci dengan usia 3bulan atau dibawah 3 bulan sangat rentan terhadap penyakit diare atau mencret. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut kelinci masih memiliki system imun yang belum stabil sehingga rentan terhadap penyakit Dalam kondisi yang seperti ini sebaiknya kelinci jangan diberikan makanan berupa sayuran atau buah. Karena sayuran dan buah banyak mengandung serat sebaiknya berilah kelinci makanan pellet dan berikan pengobatan segera. Atau kalian bisa menggunakan daun papaya atau daun pisang sebagai obat jika kelinci tersserang mencret.




 4. Feses Bulat Kecil Berwarna Hitam dan Keras. Rabbitlovers perlu diketahui bahwa jika kelinci mengeluarkan feses berbentuk seperti ini artinya kelinci sedang sembelit. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang dikonsumsi kurang serat. Sesekali berilah buah untuk makanan kelinci karena buah kaya akan serat. Serta perhatikan pula asupan airnya. Kelinci juga membutuhkan air dan tidak cukup mengandalkan dari buah dan sayuran saja karena tidak dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya. Maka, sediakanlah air 24 jam didalam kandang kelinci. Yuk Rabbitlovers tingkatkan perhatian kita pada kelinci kesayangan kita. Semoga kelinci kita selalu dalam keadaan sehat yah Rabbitlovers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar