Selasa, 15 November 2016

Cara Melatih Kelinci


Taukah kamu, kelinci merupakan hewan sosial dan cerdas yang mampu berinteraksi dengan lingkungan serta pemiliknya? . menurut penelitian , di USA kelinci merupakan hewan favorit ketiga setelah kucing dan anjing. Di USA kelinci merupakan hewan rumahan. Kelinci dapat dilatih buang air pada tempatnya, memakai tali, dan dapat dilatih beberapa gerakan. 

1. Memilih nama untuk kelinci jauh lebih penting dari yang anda pikirkan. Nama yang "lebih keras" seperti Jack lebih baik daripada nama yang "lebih lembut" seperti John. Kelinci akan lebih mudah mempelajari namanya jika nama tersebut berbunyi "keras". Selain itu, nama yang pendek seperti Row lebih mudah dipelajari oleh kelinci dibandingkan nama yang panjang. Bagaimanapun, nama seperti "Row" atau "Snow" terdengar hampir sama dengan "No", jadi hindarilah penggunaan nama tersebut agar kelinci tidak bingung saat latihan. Setelah Anda memilih nama untuk si kelinci, sekarang Anda dapat memulai untuk melatih "si bola bulu" agar datang saat dipanggil. 



2. Melatih kelinci untuk datang ketika dipanggil akan berguna jika kelinci anda hilang. Cara yang terbaik dan tercepat adalah memanggil si kelinci saat anda memberi makan, ketika anda bermain-main dengan si kelinci dan ketika anda memberikan cemilan untuk si kelinci. Cara mengajarkan hal ini serupa untuk mengajarkan nama pada anjing atau bayi. Selain itu, panggillah si kelinci dengan namanya untuk datang pada anda ketika anda mengeluarkannya dari kandang setiap hari. Bagi si kelinci, "nama"nya itu berarti sama dengan makanan dan/atau bermain-main dengan anda. Jika kelinci anda hilang dan datang kembali ketika anda memanggilnya, berikanlah cemilan favorit si kelinci dan jangan pelit untuk memberikan pujian (pintar, hebat, pandai) padanya.



3. Melatih kelinci buang air pada tempatnya ini bisa menggunakan pispot rumah sakit atau kotak pasir kucing. Untuk isinya, anda dapat menggunakan cat litter, serutan kayu hamster, pasir, atau rumput sebagai alas kotak pasir kelinci anda. Namun, yang terbaik adalah rumput, karena kelinci suka merumput sambil buang air. berikut penjelasannya. Pertama-tama, tempatkan kelinci di kandang kecil dengan sebuah kotak pasir yang sudah diberi isi. Tempatkan kotak pasir di dalam kandang di ujung belakang yang telah dipilih si kelinci untuk buang air (kelinci akan memilih salah satu sudut kandang untuk buang air). Kelinci anda bisa saja langsung menggunakan kotak pasirnya, atau malah memilih sudut yang lain sebagai toilet. Jika kelinci anda mulai melakukan hal ini, pindahkan kotak pasir ke daerah yang dipilih kelinci, atau untuk lebih baik tambahkan satu kotak pasir lagi sehingga kedua sudut tertutup. Ketika si kelinci telah terbiasa menggunakan kotak pasir di kandang, biarkan dia keluar dari kandang dalam area yang kecil. Biarkan pintu kandang terbuka dengan kotak pasir di kandang dimana kotak pasir akan diletakkan di kemudian hari. Kecelakaan akan terjadi, dan anda tidak bisa menghukum kelinci. Jika anda menemukan si kelinci sedang pipis, angkat dia dengan tenang dan lembut dan tempatkan dia di kotak pasir secepatnya. Jika anda tidak menemukan si kelinci, bersihkan sisa buang airnya dan perhatikan kelinci anda dengan lebih ketat lain kali. Kuncinya adalah: menempatkan si kelinci ke kotak pasir sebelum dia sempat buang air. Menempatkan si kelinci ke kotak pasir setiap 10-15 menit sekali selama waktu bermain juga dapat membantu. Kelinci anda akan segera belajar untuk menggunakan kotak pasir dan anda dapat menambah jumlah waktu bermain dan menambah area yang dapat diakses kelinci. Anda mungkin perlu menambah lebih banyak kotak pasir ketika anda mengijinkan si kelinci mengakses tempat yang lebih luas. Jika kelinci anda memilih satu tempat dalam suatu ruangan (biasanya di ujung ruangan) untuk buang air berulang kali, pertimbangkan untuk menempatkan satu kotak pasir di tempat itu. Membuat rutinitas dengan kelinci anda juga akan membantu. Suatu saat kemampuan kelinci untuk belajar menggunakan kotak pasir akan berkurang. Mulailah segera dari kandang dengan kotak pasir kembali, dan proses belajar akan lebih cepat kali ini.

4, cara melatih kelinci kesayangan kamu untuk duduk dan berdiri. Dimana kita ketahui duduk merupakan sikap normal bagi kelinci . maka dari itu kita akan lebih mudah untuk melatih kelinci duduk dan berdiri saat disuruh. berilah cemilan sebagai hadiah untuk kelinci kesayangan kamu setelah berhasil melakukannya. Caranya, pegang sepotong cemilan didepan kelincimu lalu perhatikan jika kelincimu mencium, melihat atau mendekati cemilan yang kamu berikan, angkat cemilan tersebut pelan-pelan sehingga si kelinci mengangkat kepala dan badannya dari lantai untuk mendapatkan sepotong cemilan tadi. Gunakan kata perintah seperti “Sit Down” atau “Sit Pretty” ketika menggerakkan cemilan tersebut pelan-pelan dari bawah ke atas. Kemudian, ketika si kelinci telah duduk berikanlah sepotong cemilan yang sudah kamu pegang tersebut. Setelah beberapa sesi biarkanlah kelincimu dalam posisi duduk sebelum memberikan cemilan. Lakukanlah ini secara rutin dengan menggunakan kata perintah dalam melatih kelinci. Cara melatih kelinci berdiri pun sebenarnya juga tidak jauh beda dari cara melatih kelinci duduk. Mengingat berdiri juga merupakan sikap normal kelinci. Caranya : gunakanlah kata perintah yang berbeda dari sebelumnya yaitu missal “Stand Up” atau “Up” setelah itu berikan cemilan tersebut ketika kelinci telah mampu berdiri tegak. Bianya latihan ini memerlukan waktu 2 minggu sampai 1 bulan. 

Nah gimana Rabbitlovers? Mudah bukan untuk melatih kelinci kesayangan kamu supaya makin cerdas. Gak mau kalah dong sama hewan lainnya. Sekian postingan Devbunnies hari ini semoga artikel yang kami share ini bermanfaat buat para Rabbitlovers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar