Sabtu, 19 November 2016

Kembung Dan Mencret Pada Kelinci

Dev Bunnies Kembung dan mencret adalah jenis penyakit yang umum terjadi pada kelinci.  walaupun penyakit ini tergolong penyakit yang tidak berat namun penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian pada kelinci. sebagai pemilik kita harus aware terhadap kelinci kita yang sedang sakit. Sebenarnya jika kondisi kelinci benar-benar dalam keadaan sehat maka tubuh akan menjaga kondisi aktivitas organ-organ sehingga tidak mengalami ganggua. Akan tetapi jika kondisi kelinci sedang menurun lebih mudah terjadinya kembung atau mencret. Lalu apa penyebabnya?
Latar belakang masalahnya biasanya porsi sayur-sayuran yang diberikan berlebihan. Terutama sayuran yang mengandung serat kasar tinggi seperti wortel, kubis, jagung manis, dll terlebih sayuran yang banyak mengandung gas seperti kangkung. Sebenarnya makanan-makanan tersebut memang tidak berbahaya, Tapi jika berlebihan bisa menyebabkan  menyebabkan kembung atau mencret apalagi jika kondisi kesehatan kelinci sedang menurun. 
Rata-rata penyakit kembung ini menimpa kelinci usia 2-3 bulan. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh kelinci pada usia tersebut masih belum stabil.  Gejala-gejala kelinci kembung atau mencret yang perlu diketahui yaitu :
  1. Nafsu makan menurun 
  2. Tidak dapat mengeluarkan feses atau kotoran 
  3. Kelinci akan menurun jondisi tubuhnya sehingga bisa lemas dan diam.
  4. Tampak perut kelinci membesar dan apabila kita tepuk-tepuk perutnya akan menimbulkan bunyi bung-bung.
Penanganan Kelinci Kembung Atau Mencret :

1. Pemijatan
Karena kembung disebabkan oleh pencernaan yang tidak sempurna dan menyimpan gas pada usus kelinci akan merasa kesulitan dalam buang kotoran normal. Maka pemijatan pada bagian perut secara perlahan dan teratur dapat membantu kelinci untuk menurunkan gejala kembung. 
2. Pakan Alami
Kelinci yang sudah terlanjur terjangkit kembung atau mencret dapat diberikan daun pisang atau daun pepaya untuk makanan kelinci. Daun pepaya atau daun pisang terbukti ampuh untuk mengobati kembung atau mencret pada kelinci.
3. Ramuan Tradisional
Ada banyak ramuan tradisional yang dapat diberikan pada kelinci sebagai obat alternatif. diantaranya adalah temulawak, bawang putih dan jahe. Caranya jahe ditumbuk atau di parut lalu campurkan dengan gula merah dan godok dengan air secukupnya setelah hangat kuku saring, air saringan tersebut cekokan pada kelinci. untuk ukuran berikan secukupnya saja. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para Rabbitlovers khususnya untuk para pemula dalam kelinci. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar