Selasa, 15 November 2016

MOLTING PADA KELINCI

semoga Rabbitlovers sehat selalu yah di tengah cuaca yang kadang panas kadang hujan ini. nah, tahukah Rabbitlovers perubahan musim juga mempengaruhi molting pada kelinci. sebelumnya mungkin beberapa dari Rabbitlovers belum tahu apa sih itu molting, penyebabnya apa, dan cara menanganinya bagaimana? kebetulan banget pada kesempatan kali ini DEV BUNNIES akan membahas soal molting pada kelinci. molting adalah kondisi dimana rontoknya rambut-rambut atau bulu pada kelinci dalam beberapa kali dalam setahun. 

faktornya penyebab molting sendiri bisa dikarenakan perubahan suhu yang tak menentu, perubahan musim, perubahan diet dan karena stress. ciri paling jelas dalam molting ini bisa dilihat dari lokasi kerontokan bulu biasanya rontok pada molting ini berbentuk seperti pulau dan bagian yang rontok akan tumbuh bulu halus yang lebih pendek. kejadian molting pada kelinci ini bisa saja hanya beberapa rambut lepas atau bahkan bisa meluas sehingga nampak gundul. banyak yang menganggap molting pada kelinci ini adalah penyakit namun kejadian molting pada kelinci ini sebenarnya merupakan kejadian normal yang dialami kelinci.
jadi, Rabbitlovers jangan cemas dulu karena bulu kelinci akan tumbuh kembali. berapa lama molting pada kelinci? masa molting ini tergantung pada kondisi kelinci itu sendiri. ada yang hanya satu bulan dan ada yang bisa sampai 2bulan. cara mengatasinya adalah Ketika kelinci masuk masa molting, harus rajin disisir biar bulu-bulu lamanya bisa segera tercabut dan juga biar nggak rontok, lalu beterbangan di ruangan ini bikin bersin-bersin. Selain itu agar semakin cepat selesai kelinci diboost dengan vitamin. Pertanyaan vitamin seperti apa? Banyak kok dipasaran, misalkan t-rex atau oxbow for shiny coat. 
nah jadi para Rabbitlovers ngga perlu cemas dengan bulu kelinci yang rontok. bisa saja kerontokkan tersebut karena memang kelinci sedang dalam masa molting. sekian yang bisa kami share buat para Rabbitlovers semoga bisa bermanfaat yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar