Selasa, 15 November 2016

KANDUNGAN MAKANAN YANG BAIK UNTUK KELINCI

selamat siang Rabbitlovers. apa kabar? 
semoga selalu dalam keadaan sehat. pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang berapa persen kandungan makanan yang dibutuhkan kelinci. 
seperti yang kita ketahui Hay merupakan makanan yang paling baik untuk kelinci karena hay memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan kelinci , Hay bisa mengurangi kemungkinan masalah gigi tongos, serta menjamin kelancaran dorongan dan gerakan makanan dalam saluran pencernaan dalam tubuh. Gangguan gerakan makanan dalam saluran pencernaan bisa menimbulkan penyakit bagi kelinci. Oleh karena itu kelinci yang kekurangan serat pasti akan merasa tersiksa, di antaranya bereaksi dengan memakan bulu rambutnya sendiri. Bulu rambut yang terlalu banyak di saluran pencernaan bisa menumpuk dan mengganggu jalannya makanan yang terkenal dengan istilah penyakit hair ball. Kelinci yang terkena gangguan pencernaan atau hair ball akan malas makan, malas bergerak (karena sakit), dan susah buang air besar; yang jika kondisinya memburuk tanpa ditangani bisa mengakibatkan kematian. 



pada kelinci.beberapa jenis rumput yang cocok untuk pakan kelinci adalah jenis Timothy Hay dan alfafa. Kita mudah mendapatkan rumput ini dalam kondisi kering di petshop terdekat. Sebenarnya kita juga bisa memberi rumput yang tumbuh disekitar pekarangan rumah. Hanya saja kita harus pastikan rumput tersebut tidak terkontaminasi pestisida atau zat berbahaya lainnya. kenapa Hay? karena Hay mengandung 80% serat yang sangat baik untuk kelinci. Pelet bagi kelinci berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi dan mempermudah kita dalam penyediaan pakan.Pemberian pelet yang berlebihan bisa menyebabkan kegemukan pada kelinci dan akan mengganggu kesehatan kelinci. pastikan pelet yang diberikan memiliki kandungan Hay yang banyak. 

sekedar mengingatkan buat para Rabbitlovers kemungkinan masih banyak yang belum paham kenapa kita tidak boleh memberikan kangkung dalam jumlah yang banyak? karena kangkung mengandung banyak gas yang dapat menyebabkan kelinci mengalami kembung atau mencret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar