Selasa, 15 November 2016

PENANGANAN KELINCI PADA MUSIM HUJAN

Hellooo Rabbitlovers musim hujan begini jangan lupa untuk lebih care dengan kelinci-kelinci kesayangan kita yah. seringkali kita menghadapi cuaca atau kondisi yang buruk sehingga berdampak pada kelinci kesayangan kita. masalah kesehatan kelinci yang berujung pada kematian di musim hujan cenderung meningkat dikarenakan suhu udara yang berubah, kondisi rumput yang mungkin tidak bisa diberikan dalam kondisi benar-benar layu karena sulitnya cahaya matahari masuk, hingga pada kekebalan tubuh kelinci sendiri yang menurun. sebenarnya hal ini nggak begitu mengkhawatirkan apabila kita sudah mengantisipasinya. pada musim hujan seperti ini penyakit yang sering timbul adalah masalah pencernaan diantaranya penyakt kembung dan diare. hal ini dikarenakan pemberian rumput dalam kondisi basah karena tidak memungkinkan untuk dijemur sehingga kadar air yang terkandung dalam rumput meningkat sehingga menyebabkan kelinci kembung dan diare. atau rumput yang dimakan sudah terkontaminasi adanya bakteri-bakteri jahat penyebab diare. hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan kandang untuk tetap bersih untuk meminimalisir kuman-kuman penyakit. serta berikan tumbuhan herbal seperti daun pepaya atau daun pisang yang terbukti efektif mencegah perut kembung atau diare. 


berikut sedikit tips untuk menangani kelinci pada waktu hujan : 
1. meningkatkan kasih sayang dan perhatian pada kelinci kesayangan kita. jika hujan turun dan kelinci kelihatan kedinginan, perlu kita beri tirai agar tidak kedinginan, dan kelinci dibuat nyaman. 
2. Makanan pada musim dingin, volume pakan harus ditambah, terutama yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat 
3. Kelinci dimusim dingin, berlu ditambah tambahan vitamin, yaitu vit B, Vit A dan harus diberi vit C., paling tidak dua minggu sekali 4. Berilah asupan bakteri untuk penyeimbangan jumlah imbangan bakteri positif dan negatif, agar ketahanan dan daya tahan tubuh kelinci meningkat. 
5. Khususnya malam hari, berilah tambahan penerangan lebih terang dan tambahan makanan hijauan, terutama jam 10 malam. 
6. Jangan biasa memberikan pakan yang basah pada musim dingin, misalnya (maaf) ampas tahu, ampas tapioka, tidak masalah katul atau bahan yang lain berujud mess diberi air matang dan diaduk, 
hal-hal pendukung lainnya adalah : 
1. Usahakan dibawah kandang jangan ada air atau becek, bila perlu di pel atau di sapu biar bersih. 
2. Jangan ada kotoran banyak menempel pada lantai kandang. 
3. Ventilasi udara bisa dikurangi, tetapi ditambah sinar matahari masuk, misalnya menggunakan asbes plastik atau genting kaca. Setiap sebelum memberi pakan, pakan lama harus dibersihkan (bla perlu tempat dicuci) agar tidak tejadi fermentasi atau jamur yang berkembang. 
4. Air minum pagi dan sore wajib diganti, jangan hanya di tambah minum. 
5. Buatlah jadwal rutin dan tepat ke kadang kelinci untuk mengurusnya. 

sekian sedikit tips-tips yang kita share untuk para Rabbitlovers. semoga kelinci-kelinci kesayangan kita selalu sehat yah. semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar