Minggu, 04 Desember 2016

Sembelit pada kelinci

Hai Hai Hai Happy Weekend Rabbitlovers selamat siang :) beberapa hari yang lalu mimin sempet nih ada pertanyaan tentang kelinci sembelit. nah kali ini mimin akan sharing tentang kelinci sembelit. sembelit biasanya diindikasikan dengan susah buang air besar pada kelinci kesayangan. faktor penyebabnya antara lain kurangnya konsumsi serat kasar yang dibutuhkan oleh kelinci sehingga pencernaan kelinci terganggu dan bisa jadi juga karena bulu yang termakan oleh kelinci itu sendiri. karena sembelit dapat menyebabkan kematian. Untuk itu selalu perhatikan kondisi ternak kelinci, minimal deteksi pakannya, kalau pakan yang diberi sesuai jatah hariannya tidak habis dimakan maka perhatikan fecesnya apakah normal (jumlahnya, besar dan bentuknya). Kalau lebih sedikit dari biasa, lebih kecil dari biasa terkadang seperti membuat untaian seperti untaian tasbih, dan terkadang ada campuran bulu, ternak kelinci biasa aktif tetapi menjadi lesu (wajar karena terjadi penyumbatan saluran pencernaan), maka dapat dicurigai sebagai gejala sembelit.




Berikut ini mimin akan kasih cara pengobatan kelinci sembelit : hal yang terbaik yang dilakukan sebenarnya adalah mencegah kelinci sembelit karena pada umumnya lebih baik mencegah daripada mengobati hihi :D. cara pencegahannya sangat sederhana yaitu berikan makan-makanan yang mengandung serat kasar untuk kelinci sesuai dengan aturan gizi yang cukup. serat kasar dapat diperoleh pada hay dan pelet khusus kelinci. nah kebetulan mimin jual Hay nih jenis Hay alfafa, timothy dan oat wheat barley. hihi promosi :D pengobatan sembelit yang dikarenakan hairball dapat diobati dengan memberikan daun pepaya sebagai pakan beberapa hari. ingat daun pepaya harus dilayukan terlebih dahulu ya ! Beberapa anjuran peternak diforum diskusi adalah penggunaan buah Nanas.dan papaya.Dikatakan bahwa pemberian perasan buah nanas dan papaya bisa melancarkan kembali pencernaan dan feces bisa keluar. Didalam buah Nanas terkandung enzym Bromelain dan pepaya mengandung enzym papain. Keduanya mempunyai fungsi yg sama yaitu serat yg terkandung tsb dapat mengikat lemak serta mencuci timbunan protein sehingga dapat membantu melembekkan feces dan menyebabkan metabolisme menjadi kembali lancar. Madu juga dapat dijadikan alternative untuk mengatasi sembelit. Setelah pemberian perasan air buah nenas/papaya/madu, kelinci dilepas/diumbar sehingga memudahkan kotoran didorong keluar..Biasanya kurang lebih 1 jam setelah pemberian kondisi kelinci sudah normal kembali.

nah sekian artikel Dev Bunnies hari ini jika terdapat kekeliruan atau kekurangan kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan. terimakasih.

2 komentar:

  1. Halo kak kelinci saya hari ini tiba2 tidak bisa bab. Apakah pemberian perasan pepaya berguna? Terimakasih.. Sementara skg sy sudah memberikan air jahe dan madu karena takut jangan2 karena kembung. Kondisi kelinci, lincah, nafsu mkn dan minum msh tinggi(normal).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin bertanya kak,bagaimana keadaan kelinci kakak sekarang?
      Apakah kakak memberikan pepaya utk kelincinya?
      Soalnya kelinci saya sama spt kelinci kakak,tiba2 tidak ada bab namun dia tetap lincah spt biasa
      Mohon responnya kak,saya sangat bingung skarang sudah 3 hari kelinci saya blum bab

      Hapus